Sabtu, 08 Maret 2014

Penjualan Tablet Lampaui PC


Pengiriman komputer pribadi (PC) baru-baru ini telah menurun signifikan. Padahal industri PC selama ini stagnan.


Berdasarkan laporan International Data Corporation (IDC), penjualan tablet akan melampaui PC, terutama pada 2015. Hal ini karena semakin banyaknya vendor yang merilis tablet dibanding PC. Prestasi tersebut merupakan pertama kalinya sepanjang sejarah.

Sejak Apple merilis iPad pada April 2010, industri komputer mengalami perubahan lanskap. Padahal Apple sempat diejek karena membuat perangkat yang disebut iPod Touch besar. 

Tablet telah mengubah cara kita berinteraksi dengan media, termasuk cara kita berbelanja dan banyak kasus menggantikan kinerja PC sebagai perangkat komputasi utama. Meski hanya tablet, tugas komputasi sederhana mampu dilakukan dan hal tersebut mengancam industri PC.

Tidak Ada Inovasi

Industri PC mulai ada tanda kejenuhan pada 2013 dengan mulai adanya penurunan pengiriman di kuartal IV-2013 sebesar 6,9 persen. Angka tersebut merupakan angka mengerikan bagi industri PC.
Konsumen PC di negara maju menunjukkan tanda-tanda kejenuhan yang kuat dibanding konsumen di negara berkembang. Namun masyarakat negara berkembang justru memiliki kontribusi kuat dalam penjualan tablet karena dinilai memiliki harga relatif lebih murah dibanding PC.

Sepanjang 2013, jumlah pengiriman PC di seluruh dunia mencapai 316 juta unit, namun jumlah tersebut ternyata mencapai level terendahnya sejak 2009. Lembaga survey Gartner yakin industri PC akan mengalami penurunan lebih lanjut, apalagi kurangnya inovasi dalam industri PC dan peningkatan daya saing tablet dalam hal kinerja.

Lembaga IDC merilis laporan, pengiriman PC di seluruh dunia pada 2013 mengalami penurunan 9,8 persen, sedikit lebih baik dibanding proyeksi sebelumnya sebesar 10,1 persen. Namun IDC tetap menyebut penurunan tersebut merupakan yang terparah sepanjang industri PC.

IDC menganggap penjualan PC pada kuartal IV-2013 masih lebih baik dari yang diharapkan. Meski kondisi pengiriman PC di negara berkembang justru memburuk karena persaingan dari perangkat lain dan tekanan ekonomi yang meningkat.

Perangkat Lunak Mahal

Salah satu penyebab penurunan industri PC adalah mahalnya biaya perangkat lunak (software), terutama Windows XP. Microsoft memperkirakan penjualan software pada tahun ini menurun lebih dari dua persen dan tahun berikutnya akan diturunkan menjadi kurang dari satu persen. Ke depan, penjualan PC diperkirakan akan di bawah 300 juta unit.

"Pasar negara berkembang akan menjadi motor penggerak pasar PC, karena meningkatnya penetrasi di kalangan populasi besar akan mendorong pertumbuhan secara keseluruhan," kata Vice President PC Trackers Worldwide, Loren Loverde seperti dikutip Mashable.

Saat ini, pengiriman dan penjualan PC maupun perangkat digital lain akan disesuaikan dengan kondisi perekonomian masyarakat setempat dan prioritas kebutuhan masyarakat dalam memberi perangkat komputer.

"Kami harap ekonomi negara berkembang bisa segera pulih. Namun kami mengharapkan pertumbuhan (penjualan PC) tidak sampai mendekati nol persen," katanya.

Hadapi Tantangan

Tahun ini akan menjadi tahun tantangan bagi industri PC di Asia. Konsumen akan mengantisipasi risiko ekonomi global sehingga mereka akan lebih berhati-hati membelanjakan uangnya untuk beli perangkat komputer baru.

Pada saat yang sama, perubahan tektonik dalam politik akan mempengaruhi pengeluaran komersial di beberapa negara besar. "Seperti India, Indonesia dan Thailand yang akan menyelenggarakan pemilihan umum (pemilu) tahun ini," kata Research Manager for Client Devices IDC Asia Pacific Andi Handoko.

Penjualan Lambat

IDC juga menyebut penjualan pasar tablet di tahun ini hanya akan tumbuh 19,4 persen, turun dibanding tingkat pertumbuhan 51,6 persen pada 2013. 

IDC mengurangi perkiraan penjualan tablet tahun ini sebesar 3,6 persen dari proyeksi sebelumnya sebesar 260,9 juta unit. Penurunan penjualan tablet ini karena perlambatan perangkat keras (hardware). 

"Setelah bertahun-tahun mengalami pertumbuhan kiuat, kami berharap pasar tablet akan sedikit melambat tahun ini dan konsumen akan pindah ke perangkat dengan spesifikasi lebih tinggi," kata Vice President Program, Devices and Displays IDC Tom Mainelli.

Sumber Tabel: Statista

Tidak ada komentar:

Posting Komentar