Sabtu, 20 Agustus 2011

SM*SH di Kick Andy Hope

Apa jadinya kalau SM*SH mengunjungi seorang penggemarnya yang mengalami kelumpuhan sejak kelas 4 SD?
Yuni (foto kanan bawah) dan Yuni saat bersama temannya dan Andy Noya (kanan)
Dari acara KickAndy Hope yang ditayangkan MetroTV, Sabtu (20/1) lalu, menggambarkan kenyataan  hidup   kadang  datang menyengsarakan. Tapi  haruskah  kita putus asa?  Jika  jawaban anda  iya,  maka  Anda patut belajar  dari nara sumber  di  Kick  Andy  Hope  kali ini, sekaligus yang dikunjungi oleh personil SM*SH. Kok mau SM*SH mendatangi penggemarnya yang cacat itu? siapakah dia?

Dia adalah seorang anak  berwajah manis  dari Pandeglang, Ade Sri Wahyuni.  Yuni,  panggilan  gadis itu, harus  mengalami kelumpuhan   sejak  kelas  4 SD,  setelah mengalami  panas  dan kejang-kejang.  Kakinya  tak  lagi bisa  difungsikan  untuk berjalan.  Di  dalam  rumah  ia  sering menggunakan  lututnya  sebagai  alas  kaki  atau menggunakan  kursi  roda.

Gadis  berusia  13 tahun ini,  lahir sebagai  anak  ke-3 dari  lima  bersuadara   di tengah  keluarga  yang sangat  sederhana.  Ayahnya,  Sayuti, adalah  seorang  pegawai  sebuah  bengkel di  kawasan  Anyer, Banten  dan  Ibunya, Sutihat, seorang  ibu  rumah  tangga.  Mereka tinggal  di desa Pabuaran, kecamatan Majasari, Pandeglang  Banten.  Sebuah  wilayah  pedesaan  yang tidak memungkinkan bagi Yuni  untuk  melakukan  mobilitas dengan kursi  roda di luar  rumah.

Dalam kondisi  seperti  itu,  Yuni  memiliki  anugrah  yang  teramat  besar  lewat  dua  sahabatnya Melayanti dan  Dina.  Karena  kedua  sahabatnya itulah Yuni bisa terus  semangat  dan bersekolah. Melayanti dan  Dina secara  bergantian  selalu  menggendong  Yuni  saat  berangkat  atau pulang  sekolah, tanpa pamrih. “Saya merasa kasian kalo  Yuni  gak sekolah,”  ujar  Mela saat  ditanya  alasannya mau menggendong.

Inilah  sebuah   persabahatan sejati  yang sudah langka  di  zaman  ini  dan  ditunjukan  lewat  kemurnian  hati  tiga  gadis  remaja  di  Pandeglang.  Selama  dua tahun, tepatnya  dari kelas  4 sampai kelas  6  SD, Yuni mendapat  bantuan dan perhatian penuh  dari  dua temannya  itu.

Karena kondisinya  itu, Yuni  mengaku  kadang suka  diejek  atau  diolok-olok  oleh  murid-murid  lain  di  sekolahnya, SD Karaton IV, Pandeglang. Meski  sering  sedih,  katanya,  tapi  ia terus  berusaha  kuat  untuk terus bersemangat.  Terutama  semangat  untuk  bersekolah  dan mengejar  cita-cita. Dan salah satu yang  selalu  membuat  Yuni   semangat adalah untaian kata dalam lirik  lagu kesukaanya “Senyum dan Semangat”,  milik  grup boy band favoritnya, Sm*sh.

Dengan  semangatnya  itu  pula, Yuni  yang memiliki  intelektual bagus itu, pernah menjadi juara saat mengikuti perlombaan olimpiade  MIPA, tingkat provinsi Banten.

Ketika   Kick  Andy  Hope  menemui Yuni, ia  baru  saja menerima kelulusannya  dari  Sekolah Dasar, dan  siap menempuh pendidikannya di tingkat  SMP.  Orang  tuanya  yang memiliki  ekonomi paspasan  sempat  menyampaikan kebingungan tentang kelanjutan  sekolah Yuni,  terlebih karena Yuni memiliki keterbatasan  secara fisik juga.

Meski keterbatasan sering dianggap menjadi  hambatan,  tapi  toh  Yuni  bisa  melewatinya. Bahkan  di SMP Pembina, sekolah  barunya sekarang, Yuni  sudah menorehkan   prestasi sebagai  juara I  olimpiade  MIPA tingkat  Provinsi Banten dan bersiap-siap  mengikuti  kompetisi  tingkat  nasional. 

Keterbatasan, kenyataan  hidup yang pahit, memang   hadir   untuk menguji  kekuatan. Dan Yuni  sudah menunjukkan  pada kita untuk menghapus  kata putus  asa  demi  masa  depan  yang lebih  bermakna.

Lalu apa yang diberikan SM*SH?
Morgan Oey memberi gelang, Rangga Dewamoela S dan Dicky M Prasetya memberi jam tangan yang dipakainya, Bisma Karisma memberikan topi khas anak dance street, Rafael memberi kacamata hitam, Reza Anugrah dan Muhammad Ilham Fauzi memberikan boneka.

Lepas dari apa yang diberikan personil SM*SH, boyband yang melejit melalui lagu "I Heart U" ini mampu memberikan semangat kepada penggemarnya yang mengalami masalah. Seperti lagu "Senyum dan Semangat" yang menjadi single keduanya, SM*SH juga akan selalu memberi Senyum dan Semangat bagi penggemarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar