Minggu, 07 Juni 2015

Belanja Online Nyaman Gratis Pengiriman

ok lagi

Berbelanja online sudah menjadi budaya kaum urban saat ini. Budaya tersebut juga bukan menjadi dominasi kaum perempuan karena kaum Adam pun sudah mulai mengetahui tren tersebut.

Situs belanja online pun semakin menjamur dan menawarkan segala kelebihan dan kekurangannya. Beragam promosi pun ditawarkan, mulai menggelar flash sale, diskon jam tertentu, produk terbatas, diskon pertengahan bulan, promosi menarik setiap hari, kemudahan cara pembayaran, gratis voucher, hingga beragam promo lainnya.

Akhir bulan lalu, saya mencoba mencari EarPods untuk iPod Touch. Beragam situs belanja online pun saya telusuri untuk mencari harga terbaik. Saya mencoba membandingkan dengan toko online terlengkap.

Cara ini jarang dilakukan, terlebih kaum lelaki yang tidak terlalu sensitif masalah harga. Namun bagi saya, selisih Rp 1.000 pun bermasalah, apalagi bila situs belanja online itu tidak memberikan user experience yang lebih.

Saya sih tidak masalah membayar harga lebih dibanding toko sebelah asal cara pembayaran mudah dan barang cepat sampai. Bila ada cacat saat barang diterima, keluhan pun langsung bisa ditanggapi oleh penjual. Ini hak pembeli.

Saya mencoba membandingkan empat toko belanja online. Pertama, Lazada.com yang menjual EarPods tersebut seharga Rp 249 ribu. Kedua, blanja.com seharga Rp 228.500. Ketiga, Elevenia.co.id seharga Rp 219 ribu. Terakhir, Blibli.com seharga Rp 229 ribu.

IMG_20150607_171210_HDR

IMG_20150607_171149_HDR

IMG_20150607_171131_HDR

Tidak puas dengan belanja online, saya pun membandingkan dengan toko di ITC Ambassador Jakarta yang menjual produk serupa seharga Rp 230 ribu. Setelah saya tawar (karena cukup sering belanja di situ), saya diberi harga Rp 200 ribu pas. Lebih murah dibanding situs belanja online.

Namun pengalaman saya belanja di ITC tersebut, saya tidak puas dengan barangnya. Saya pernah membeli EarPods serupa dan seminggu kemudian rusak. Otomatis barang yang sudah dibeli tidak bisa dikembalikan karena tidak ada garansi (namanya juga produk bajakan).

Sekadar catatan, saya pernah beli EarPods original di Singapura sekitar US$ 40 (sekitar Rp 400 ribuan) tahun lalu.

Saya memutuskan belanja di Blibli.com karena harganya ada di tengah-tengah, tidak kemahalan dan tidak kemurahan. Terlalu murah juga khawatir rusak sama seperti produk yang saya beli di ITC tersebut.

Lantas apa yang menjadi unik dari situs belanja tersebut? Blibli.com yang termasuk dalam afiliasi kelompok produsen rokok Djarum, termasuk Bank Central Asia (BCA) tentu memiliki kemudahan cicilan 0% hingga 6-12 bulan, metode pembayaran terintegrasi dengan BCA dan bank lain, keamanan berbelanja, dan jasa pengiriman.

Khusus yang terakhir, biasanya selalu menjadi pertimbangan utama. “Saya sih tidak khawatir harga barangnya, tapi kalau sudah ditambah ongkos kirim, harga barang jadi lebih mahal. Apalagi kalau barang harus dikirim ke luar Jawa, ongkos lebih besar lagi. Kadang mahalan ongkos kirim dibanding harga barang,” kenang salah satu teman yang bermukim di Kalimantan Timur.

Namun keunikan Blibli.com sudah memasukkan ongkos pengiriman dalam harga barang alias gratis pengiriman. Memang secara sepintas, terutama bila dibandingkan dengan situs belanja online lain akan lebih tinggi. Tapi bila sudah proses akhir membayar barang, harga akhir pun bisa dibandingkan. Apalagi konsumen memiliki pilihan jasa pengiriman barang.

Kini, berbelanja online pun semakin nyaman. Tinggal nongkrong di rumah atau cafe, memilih produk, bayar online, dan 2-4 hari kemudian barang pesanan sudah datang. Blibli.com, big choices, big deals.



via didikpurwanto.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar