Minggu, 25 Agustus 2013

Pensiun, Kekayaan Bos Microsoft Naik Rp 8 Triliun

Chief Executive Officer (CEO) Microsoft Steve Ballmer akan pensiun dalam waktu setahun mendatang. Selama menjadi orang nomor satu di Microsoft, kekayaan bersihnya melompat 786 juta dollar AS (atau sekitar Rp 8,25 triliun).

Pria berusia 57 tahun ini memang berencana pensiun setelah menjadi bos Microsoft sejak tahun 2000 lalu. Ballmer ini juga merupakan pemegang saham individu terbesar kedua di perusahaan Redmond, salah satu anak perusahaan Microsoft yang berbasis di Washington. Sementara pemegang saham individu yang pertama adalah pendiri dan mantan bos Microsoft sebelumnya, yaitu Bill Gates.

Berdasarkan Bloomberg Billionaires Index, kekayaan bersih Ballmer mencapai 16,8 miliar dollar AS. Ballmer mendapat urutan 44 sebagai orang terkaya di dunia.

"Investor ingin pemimpin baru untuk mengendalikan bisnis Microsoft ke depan. Apalagi bisnis Microsoft (sebagai penyedia perangkat lunak) juga akan bersaing karena tidak hanya mengandalkan bisnis komputer pribadi (PC) semata," kata analis BMO Private Bank, Jack Ablin.

Ablin menganggap sejak kepemimpinannya 13 tahun silam, Ballmer sudah dianggap mampu membawa Microsoft sebagai jajaran perusahaan bergengsi meski kondisinya juga terseok-seok akibat harga sahamnya juga menurun. Namun, dia dianggap sudah menjalankan tugasnya secara baik.

Berdasarkan data Bloomberg, harga saham Microsoft dalam sepekan terakhir naik 2,75 poin (8,65 persen) menjadi 34,55 dollar AS per saham. Namun jika dilihat sejak Januari 2000 hingga Agustus 2013 (sejak masa kepemimpinannya), saham Microsoft mengalami penurunan 19,36 poin (35,91 persen).

Sumber: Bloomberg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar