CEO Yahoo Marissa Mayer disinyalir sedang menyiapkan gebrakan baru dalam usahanya mengubah peruntungan perusahaan tersebut.
Menurut laporan AllThingsD, jajaran direksi Yahoo dijadwalkan bertemu hari Minggu (19/5/2013) malam untuk mendiskusikan rencana akuisisi Tumblr.
Yahoo kabarnya menyiapkan dana senilai 1,1 miliar dollar AS atau sekitar Rp 10,7 triliun untuk membeli situs blogging yang berbasis di New York tersebut. Dana itu akan digelontorkan sepenuhnya dalam bentuk cash alias tunai, tanpa opsi saham.
Menurut keterangan dari beberapa sumber, menurut detil rencana
perjanjian, pendiri dan CEO Tumblr David Karp akan dipertahankan sebagai
pimpinan perusahaan dengan sejumlah otoritas.
Apabila nantinya
benar-benar menjadi kenyataan, akuisisi Tumblr ini akan menjadi
pembelian terbesar oleh Yahoo semenjak berada di bawah komando Mayer
mulai pertengahan tahun lalu.
Sebelumnya, kelanjutan rencana
ini diperkirakan bakal diumumkan dalam sebuah acara yang akan digelar
Yahoo hari Senin mendatang. Tetapi kemudian muncul berita bahwa event
itu dimaksudkan untuk mengumumkan soal pembaruan pada situs photo
sharing Flickr yang dimiliki Yahoo.
Menyasar kaum muda
Mayer kabarnya telah mulai melirik Tumblr sejak enam minggu yang lalu.
Bos besar Yahoo yang mantan karyawan Google ini disebut tertarik karena menganggap Tumbr yang diperkaya konten dari pengguna (user generated) sebagai calon aset yang bisa membuat Yahoo lebih relevan di mata audiens muda.
CFO Yahoo Ken Goldman pernah mengutarakan bahwa perusahaan itu memang
sedang berusaha menggaet kaum muda. Yahoo memerlukan produk yang bisa
menyasar demografi 18-34 tahun.
Tumblr sendiri kini telah
membangun momentum dengan angka pengunjung bulanan 100 juta, koleksi
blog 100 juta, lebih dari 90 juta posting per hari dan jumlah posting
keseluruhan mencapai 50 miliar, menurut keterangan dari perusahaan yang
bersangkutan.
Pada 2013, Tumblr menghasilkan pendapatan senilai
13 juta dollar AS. Angka tersebut tahun ini ditargetkan tumbuh menjadi
100 juta dollar AS dengan mendorong iklan berbentuk mirip blog yang
ditayangkan di saluran konten Tumblr.
Di samping itu, dengan jumlah pengguna mobile
yang disebut meningkat empat kali lipat dalam enam bulan terakhir,
Tumblr agaknya sejalan dengan misi Yahoo memfokuskan upaya di segmen
mobile
Sumber: Kompas Tekno
Tidak ada komentar:
Posting Komentar