Kamis, 14 Agustus 2008

Wartawan Kebal Hukum?

Td mlm habis nonton Teater Tribute to Srimulat yang dipentaskan ama anak2 alumni IKJ di Gedung Kesenian Jakarta. Ngocol habis deh, dengan logat Jawa, Sunda, Madura, Batak hingga Ambon. Jika digabung tambah semakin lucu. Malah logat Indonesia itu digabung ama logat sok Inggris-Indonesia. Makin srimulat banget!!

Habis ngocol bareng trus makan Soto Lamongan di dekat Taman Ismail Marzuki. Lumayan mengenyangkan, habis di GKJ tadi cuma snack doang. Pulang lebih dari jam12 malam, aku bawa sepeda motor dgn sempoyongan. Ngantuk banget sih. Trus lewat Raden Saleh & Kenari. Pas depan Plaza Kenari Mas, seperti biasa aku nyelonong belok kanan. Sebenarnya ada plang dilarang belok, tp aku cuek aja. Habis puter baliknya ada di matraman, jauh dari kosku itu.

Ternyata, ada polisi yg mengikutiku dari belakang & menyetopnya.

"Belum pernah ikut sidang di Jakarta?" tanya polisi itu sembari minta SIM & STNK.

Aku sih diem aja. Polisi itu terus membalik2an SIm & STNK-ku.Bosan dengan basa-basi, aku keluarkan ID Card Pressku.

"Oh, dari pers!jawabnya sembari membolak-balik lg. Pikirku dgn ID Card pers tsb bs langsung jalan. Habis udah larut malam banget sih!!

"Emangnya wartawan bisa kebal hukum??tanya polisi itu sembari mengacungkan ID Card persku.

Sontak jawaban tadi membuatku kaget & ga mungkin aku ngasih duit langsung ke dia karena aku cuma bawa maksimal Rp20 ribu. Temenku jg sama. Tp dia enjoy aja.

"Ya udah kita proses di kantor," jawab polisi itu sambil menggiring kita ke pos.

Sepanjang perjalanan udah bingung aja. Antara ngasih / pasrah sidang. Toh, kalo sidang uangnya sebagian masuk kas negara. Kalo ngasih langsung kan cuma masuk ke kantong pribadinya. Ngga mendidik.

Polisi itu mengajak ke kantor dekat perempatan di depan Hotel Arcadia. Sempat polisi itu menanyakan sesuatu yang ga penting. Seperti asal, wartawan apa, dan sebagainya. Tiba-tiba HPku bunyi.

"Eh, loe dimana? koq ga nyampe2??mampir kemana lg??"tanya salah satu temenku yang ikutan makan bareng Soto Lamongan td. Kebetulan td dia kutinggal karena mo beli balsem di Alfamart Raden Saleh. Pas aku telp mo minta beliin sabun, dia ngga ngangkat. Smg dia th ada panggilan drku. Eh, ternyata dapat sabun dari polisi.

    Setelah jawab pertanyaan tmnku, aku balik lagi ke tmnku yg disidang. Eh, ternyata SIM & STNKnya dibalikin. Polisi itu cuma aksi corat-coret aja. Apa dikira aku telp kantor / pihak berwenang di atasnya??mo laporan gitu??

Lepas dari semua itu. Semua selamat dgn damai. Tanpa uang sogokan & apapun itu. Bisa aja aku memilih sidang & Sim serta STNK ku dibawa. Toh, aq jg ingin mendidik polisi malam itu supaya tidak melakukan tindak "penodongan sadar".

Aduh, manusia penuh salah & dosa!!apa maksudnya coba dengan tilang tidak kena itu?? Pokoknya aman!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar